Tentang PageRank

Tentang PageRank


Banyak yang menanyakan kepada saya mengenai PageRank (PR) atau Ranking Halaman. Mulai dari penjelasannya hingga cara mendapatkannya. Selain itu, saya melihat banyak pula persepsi yang kurang tepat mengenai PageRank (termasuk dari salah satu buku tentang SEO berbahasa Indonesia yang saya baca!). Nah di sini saya tidak akan membahas secara detil dan teknis mengenai PageRank karena untuk masalah itu sudah dilakukan dengan baik oleh rekan saya dari SEO Indonesia (kok gak pernah updet lagi situsnya, bro?), tapi sebaliknya, saya akan coba jelaskan dengan singkat, ringkas, dan semoga, tepat sasaran :)



Apa Itu PageRank


PageRank adalah nilai atau ranking dari suatu halaman situs web yang diberikan oleh Google dalam skala 1-10. Nilai ini didapat melalui algoritma perhitungan tertentu yang didasari oleh jumlah dan kualitas dari backlink yang dimiliki oleh halaman situs web yang bersangkutan. Karena ada unsur “kualitas”, maka besarnya PageRank tidak selalu sebanding dengan jumlah tautan baliknya.


Bagi Google, PageRank dikembangkan untuk menggambarkan popularitas dan kualitas dari suatu situs web. Semakin besar nilai PR-nya, berarti diasumsikan bahwa situs tersebut semakin populer dan berkualitas baik. Beberapa program pendulang $$$, Text-Link-Ads misalnya, turut memanfaatkan PageRank untuk menentukan layak tidaknya suatu situs bergabung pada program mereka.


Menaikkan PageRank


Cara termudah untuk menaikkan PageRank tentu saja dengan memperbanyak jumlah backlink. (Advanced) Dummy blogging maupun DP Co-Op terbukti ampuh untuk itu. Social bookmarking juga masih berperan, meskipun sudah tidak berada di masa-masa kejayaannya.


Mitos Seputar PageRank


Beberapa mitos yang salah seputar PageRank:



  • PageRank berlaku untuk keseluruhan halaman pada satu nama domain –> Masing-masing halaman situs web memiliki nilai PageRank sendiri

  • PageRank mempengaruhi SERP di Google –> PageRank tidak berpengaruh pada posisi situs kita di mesin pencari apa pun

  • PageRank mempengaruhi CPC AdSense –> PageRank tidak berhubungan sama sekali dengan AdSense

  • Semakin sering update, semakin tinggi PageRank –> Frekuensi update tidak berpengaruh terhadap nilai PageRank

  • Tool PageRank Prediction selalu tepat –> Tidak ada satu orang pun (kecuali staff Google) yang mengetahui dengan pasti algoritma dari penghitungan PageRank


Semoga tidak bingung lagi dengan PageRank :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 31 August 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Comments :

0 comments to “Tentang PageRank”